Skip to main content

Rekomendasi Permainan Seru Tunggu Waktu Buka Puasa

Mediteraniaku - Ada beberapa game Google untuk ngabuburit yang bisa Anda coba mainkan sambil menunggu waktu berbuka. Jika masih ada waktu luang setelah ibadah di bulan Ramadan, tidak ada salahnya bermain beberapa game ini sembari menunggu waktu berbuka.  Google memiliki sejumlah game menarik agar ngabuburit Anda semakin asyik. Apa saja game Google untuk ngabuburit yang bisa Anda mainkan?  Tantangan paling sulit dalam berpuasa pastinya adalah menunggu waktu berbuka. Yang memiliki kesibukan pasti masih bisa mengatasi panjanganya waktu berbuka puasa saat maghrib nanti. Tapi bagaimana jika sedang ada banyak waktu luang? Misalnya ketika weekend atau ketika sedang mengambil cuti kerja? Makan atau mium pasti tidak bisa dan mau hang out dengan teman-teman pun sulit karena sedang berpuasa dan pandemi sedang berlangsung. Tentu saja dengan sedang memiliki banyak waktu luang terkadang menjadi tantangan sendiri ketika berpuasa karena terbatasnya aktivitas yang bisa kita lakukan karena berpuasa. Da

Ketahui Jenis Game Petualangan Tanpa Batas MMORPG

Mediteraniaku - MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) adalah salah satu jenis dari Massively Multiplayer Online Game (MMOG) yaitu suatu game berbasis RPG dimana pemain client terhubung ke server game dalam memainkan gamenya. Terdapat ratusan bahkan ribuan pemain yang saling berinteraksi dalam dunia virtual. Server disini berfungsi sebagai central management dari game yang dimainkan. Sebagai contoh, game ragnarok adalah salah satu dari banyak game MMORPG. user/pemain/client harus memiliki software yang terinstal di komputer lokal dan akan terhubung ke server game ketika game dimainkan. Jika server down maka game tidak akan bisa dimainkan.

RPG sendiri adalah game dimana pemain mengontrol suatu karakter yang direpresentasikan dengan avatar. Karakter tersebut dapat berkembang seiring waktu, dapat berinteraksi dengan karakter lainnya dll. jadi MMORPG adalah game RPG yang dimainkan secara online.

Di dalam permainan MMORPG, mungkin kita sering melihat para pemainnya memakai berbagai istilah-istilah menarik. Mulai dari singkatan kata, hingga kata-kata khusus. Walau ada banyak game MMORPG di Indonesia kini, namun istilah-istilah yang dipakai kebanyakan adalah sama.Layaknya ‘bahasa gaul’ dalam kehidupan nyata, ‘bahasa MMORPG’ ini juga adalah alat komunikasi para pemainnya. Berikut adalah daftar istilah-istilah dalam game MMORPG yang sering umum dipakai dalam berbagai game:JK Flip-Flop (Master Slave JK Flip-Flop)


Sejarah MMORPG

Sebelum menyelami lebih dalam apa itu MMORPG, ketahui dulu aspek sejarah dari genre MMORPG. Secara definisi, MMORPG merujuk kepada sebuah permainan RPG (role playing game) yang dimainkan online secara beramai-ramai. Istilah ini pertama kali disebutkan oleh Richard Garriot saat meluncurkan gim bernama Ultima Online pada tahun 1997. Sebelum istilah ini digunakan, genre gim ini disebut dengan Multi User Dungeon (MUD).

Salah satu gim lawas nan legendaris yang bergenre MMORPG adalah Neverwinter Nights yang diluncurkan pada tahun 1991 secara online oleh AOL, dan dijalankan hingga 1997. Gim satu ini banyak terinspirasi dari boardgame Dungeons dan Dragons.

Tercatat bahwa Neverwinter Nights adalah gim multiplayer online pertama yang menggunakan tampilan visual grafis. Sebelumnya genre MUD hanya dimainkan seperti menggunakan command prompt Windows, atau terminal-nya Mac OS. Hanya berupa teks!

Melihat kesuksesan yang dibawakan Neverwinter Nights, pasar semakin yakin bahwa genre MMORPG ini memiliki tempat tersendiri di hati para gamer. Hingga hari ini, sudah tidak lagi jarang kita melihat genre MMORPG yang dimainkan di konsol, ataupun mobile.

Di Indonesia sendiri, gim MMORPG pertama adalah Nexus: the Kingdom of The Winds yang rilis pada tahun 1996. Gim hasil karya Nexon ini pertama kali dibawa ke Indonesia oleh BolehGame. Meski hanya bertahan hingga 2004, gim ini merupakan gim online pertama di Indonesia.


Karakteristik MMORPG

Sederhananya, genre ini sama seperti bermain gim RPG hanya saja dengan tambahan fitur online atau multiplayer. Di sini kamu nggak akan main hanya dengan NPC (non-playable character) saja, tetapi dengan ratusan hingga ribuan player dalam satu waktu.

Umumnya, untuk mengawali gim ini, di awal permainan kamu akan diarahkan untuk membuat seorang karakter beserta dengan ciri-cirinya (dan nama) yang nantinya akan menjadi representasi dirimu di dalam gim. Beberapa orang menyebut istilah karakter ini sebagai avatar.

Selain menentukan perawakan luar avatar kamu, genre MMORPG juga memberi kamu kebebasan untuk membentuk potensi avatar kamu sesuai kehendak kamu sendiri. Kamu bisa memilih jenis role, atau class, beserta dengan skill atau ability yang dimilikinya.

Tidak lupa juga masih ada banyak variabel lainnya dalam membentuk avatar impian kamu. Salah satunya adalah equipment yang digunakan. Kebebasan kamu dalam menentukan atribut karakter akan sangat mempengaruhi gameplay kamu.

Setelah selesai mendesain wujud avatar idealmu, kamu akan dituntun untuk melakukan beberapa aktivitas, seperti sesi tutorial. Setelahnya, kamu akan diberitahu mengenai quest atau misi-misi yang ada di dalam gim.

Hal yang menarik dari MMORPG ini adalah, kamu bisa menyelesaikan misi tersebut bersama dengan teman! Layaknya bersatu kita kuat, dengan bermain bersama teman, musuh kuat yang dihadapi tentu bisa dikalahkan lebih mudah daripada hanya dihadapi seorang diri.

Selain itu, kamu juga akan punya keseruan bersama dalam menyelesaikan misi bareng teman. Sambil menyelesaikan misi, karakter yang kamu mainkan juga akan bertambah kuat.

Untuk lebih mendukung fitur mabar (main bareng) ini, kamu juga akan difasilitasi dengan keberadaan suatu perkumpulan seperti klan, ataupun guild. Untuk jenis perkumpulan yang lebih kecil, umumnya akan disebut sebagai party.

Dengan adanya fitur guild atau clan ini, semangat berkompetisi pun menjadi muncul! Ya, untuk memperkaya sensasi bermain, sesama guild bisa saling berkompetisi! Ini yang nantinya menjadi cikal bakal esports dari genre MMORPG.

Tidak hanya clan war atau guild war, untuk level individu, ada juga fitur yang dikenal sebagai PVP (player vs. player), seperti yang bisa ditemukan di World of Warcraft. PVP juga bervariasi berdasarkan gimnya. Ada yang memfasilitasi hanya 1v1, 2v2, 3v3, ataupun 5v5.

Untuk gim MMORPG, sudut pandang yang digunakan adalah third-person perspective atau sudut pandang orang ketiga.

Agar kamu bisa sukses berkompetisi, hal yang mutlak dilakukan di genre ini adalah farming atau grinding. Sama seperti farming dalam genre MOBA, MMORPG juga mengenal istilah ini dengan sama persis.

Dengan berburu monster atau menyelesaikan misi, kamu akan mendapatkan EXP, gold, dan juga item. EXP untuk menaikkan level karakter kamu, gold untuk membeli berbagai perlengkapan yang kamu butuhkan untuk memperkuat diri; dan item untuk digunakan sesuai kebutuhan situasi.

Hingga hari ini, gim MMORPG sudah banyak berevolusi. Sebagai contoh, Final Fantasy XIV Online hari ini telah memiliki segudang fitur apik, seperti cross-platform antara PC dengan konsol, pernikahan avatar, mini game, serta konten menarik untuk boss fight di late game.

Belum lagi Black Desert Online, yang hadir dengan inovasi sistem ekonominya, dimana kamu bisa membangun kerajaan kamu sendiri dan menugaskan para NPC untuk bekerja untukmu.

Akan tetapi, di samping itu semua, MMORPG tergolong genre gim yang kasual. Berbeda dengan gim lain, seperti Dota 2 ataupun Counter Strike yang memiliki batasan bermain untuk segera menghancurkan musuh.

Dalam genre MMORPG, kamu bebas untuk mengatur waktu kamu! Kamu bisa saja menghabiskan seluruh waktu kamu di dalam gim hanya untuk menggoda teman sepermainan kamu sambil nongkrong dalam sebuah bar.


MMORPG dan esports: PVP (Player Vs. Player)

Salah satu faktor yang mempengaruhi daya tahan sebuah game pada umumnya terletak pada inovasi sang pengembang dalam menciptakan ekosistem pendukung yang membuat gim tersebut tetap menarik untuk dimainkan.

Mendekatkan diri ke unsur kompetitif atau esports akan mampu menjaga umur gim dengan bertambahnya jumlah penggemar atau pemain, serta motivasi bagi pemainnya untuk terus berkarir dalam gim.

Butuh contoh? Tenang. Beberapa waktu yang lalu salah satu gim MMORPG dari franchise legendaris masa lalu, yaitu seri Ragnarok, melangsungkan sebuah pertandingan mobile esports yang bertajuk Ragnarok M: LAN PARTY & E-SPORT.

Hadiah yang ditawarkan dalam acara ini juga tidak tanggung-tanggung. Sama seperti turnamen esports lainnya yang menghadirkan prizepool sebesar ratusan juta rupiah, turnamen ini mempertemukan teamfight 5v5.

Konsep sederhana dari esports MMORPG ini adalah dengan menghadirkan mode PVP dengan tujuan utama mengeliminasi lawan melalui format pertandingan yang sudah ditentukan. Nah, sudah siap untuk memahami lebih dalam apa itu MMORPG?

Selain PVP, masih ada lagi aspek esports yang bisa ditemukan dalam MMORPG, yaitu PVE!


MMORPG dan esports: PVE (Player Vs. Environment)

Konsep pertandingan PVE (player vs. environment) di sini tidak lagi mempertandingkan player dengan sesama player, melainkan dengan dungeon atau quest atau musuh yang dihadapi sambil berpacu dengan waktu.

Di genre ini lah esensi gim RPG benar-benar terasa dimana para pemainnya akan berlomba-lomba menguras otak demi mengatur strategi yang bisa menyelesaikan tantangan dengan cepat.

Mungkin sebagian orang masih awam dengan istilah PVE ini. Selain dikenal dengan player vs. environment, PVE juga bisa diartikan sebagai player vs. enemy.

Tidak ada yang perlu diherankan juga bila MMORPG memenuhi syarat untuk berkompetitif, mengingat sudah ada banyak player sedari awal.

Butuh contoh? Tenang. Beberapa waktu yang lalu salah satu game MMORPG dari franchise legendaris masa lalu, yaitu seri Ragnarok, melangsungkan sebuah pertandingan mobile esports yang bertajuk Ragnarok M: LAN PARTY & E-SPORT.

Hadiah yang ditawarkan dalam acara ini juga tidak tanggung-tanggung. Sama seperti turnamen esports lainnya yang menghadirkan prizepool sebesar ratusan juta rupiah, turnamen ini mempertemukan teamfight 5v5.

Konsep sederhana dari esports MMORPG ini adalah dengan menghadirkan mode PVP dengan tujuan utama mengeliminasi lawan melalui format pertandingan yang sudah ditentukan. Nah, sudah siap untuk memahami lebih dalam apa itu MMORPG?

Selain PVP, masih ada lagi aspek esports yang bisa ditemukan dalam MMORPG, yaitu PVE!

Di genre ini lah esensi gim RPG benar-benar terasa dimana para pemainnya akan berlomba-lomba menguras otak demi mengatur strategi yang bisa menyelesaikan tantangan dengan cepat. Mungkin sebagian orang masih awam dengan istilah PVE ini. Selain dikenal dengan player vs. environment, PVE juga bisa diartikan sebagai player vs. enemy.

Para pemain akan dihadapi bermacam tantangan yang bisa diselesaikan dengan cepat. Berbeda dengan raid yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Perhitungan timer menjadi tolak ukur untuk menantang pemain yang lain untuk lebih cepat melakukan dungeon clearing-nya.




Sumber :
https://gamek.vn/lost-ark-game-mmorpg-hay-nhat-lich-su-steam-vua-khoa-1-trieu-tai-khoan-vi-dung-bot-20220314162510556.chn

Comments

Popular posts from this blog

Macam - Macam Game Yang Paling Banyak Di Tandingkan E-sport

Mediteraniaku - Electronis sports atau dikenal Esports merupakan cabang olahraga yang dilakukan oleh gamer professional yang menuntut untuk bermain game sebagai pekerjaannya. Sebuah studi yang dilakukan Vero dan Decision Lab mencatat jumlah stakeholder industri Esports di Indonesia mencapai 52 juta orang. Beberapa game populer kini sudah banyak ditandingkan dalam bentuk turnamen resmi, yang disebut sebagai esport atau olah raga elektronik. Meskipun sudah menjadi salah satu cabang olah raga, banyak masyarakat atau orang masih belum paham soal olahraga itu. Esport kian menuai popularitas diiringi dengan perkembangan perangkat pendukung yang memadai. Hilirnya, Esports di Asian Games 2018, SEA Games 2019, dan PON Papua 2020 sebagai bukti bisa disejajarkan dengan cabang olahraga lain yang sudah eksis puluhan tahun. Esport merupakan kependekan dari elektronic sport adalah sebuah kompetisi atau adu ketangkasan di dunia maya melalui video games. Dahulu, bermain games mungkin dipandang hanya s

Rekomendasi Permainan Seru Tunggu Waktu Buka Puasa

Mediteraniaku - Ada beberapa game Google untuk ngabuburit yang bisa Anda coba mainkan sambil menunggu waktu berbuka. Jika masih ada waktu luang setelah ibadah di bulan Ramadan, tidak ada salahnya bermain beberapa game ini sembari menunggu waktu berbuka.  Google memiliki sejumlah game menarik agar ngabuburit Anda semakin asyik. Apa saja game Google untuk ngabuburit yang bisa Anda mainkan?  Tantangan paling sulit dalam berpuasa pastinya adalah menunggu waktu berbuka. Yang memiliki kesibukan pasti masih bisa mengatasi panjanganya waktu berbuka puasa saat maghrib nanti. Tapi bagaimana jika sedang ada banyak waktu luang? Misalnya ketika weekend atau ketika sedang mengambil cuti kerja? Makan atau mium pasti tidak bisa dan mau hang out dengan teman-teman pun sulit karena sedang berpuasa dan pandemi sedang berlangsung. Tentu saja dengan sedang memiliki banyak waktu luang terkadang menjadi tantangan sendiri ketika berpuasa karena terbatasnya aktivitas yang bisa kita lakukan karena berpuasa. Da

Berani Coba? Rekomendasi Game Asah Otak Peningkat IQ

Mediteraniaku - Game bukanlah sekedar untuk menghibur para pemainnya saja. Terkadang beberapa game justru memberikan edukasi atau manfaat untuk para pemainnya. Anda bisa memilih jenis game yang bisa membuat kinerja otak semakin lebih baik seperti game asah otak yang Kami rekomendasikan kali ini. Bahkan game asah otak ini beberapa di antaranya merupakan salah satu permainan yang bisa mengasah otak kanan dan kiri juga ada yang memiliki konsep sebagai game teka-teki logika. Tak ada salahnya untuk mengambil jeda sebentar dari pekerjaan kantor dengan memainkan game asah otak. Selain dapat mengatasi rasa jenuh, bermain game juga dapat membantu mengasah kreativitas serta memompa kembali semangatmu. Manfaat game asah otak terhadap daya ingat Banyak orang menggunakan permainan seperti ini untuk menstimulasi dan juga mencegah penuaan pada otak. Meskipun penelitian menunjukkan bahwa hubungan keduanya masih rumit untuk dijelaskan, mengasah otak dengan permainan sederhana dapat membantu melatih ko