Skip to main content

Rekomendasi Permainan Seru Tunggu Waktu Buka Puasa

Mediteraniaku - Ada beberapa game Google untuk ngabuburit yang bisa Anda coba mainkan sambil menunggu waktu berbuka. Jika masih ada waktu luang setelah ibadah di bulan Ramadan, tidak ada salahnya bermain beberapa game ini sembari menunggu waktu berbuka.  Google memiliki sejumlah game menarik agar ngabuburit Anda semakin asyik. Apa saja game Google untuk ngabuburit yang bisa Anda mainkan?  Tantangan paling sulit dalam berpuasa pastinya adalah menunggu waktu berbuka. Yang memiliki kesibukan pasti masih bisa mengatasi panjanganya waktu berbuka puasa saat maghrib nanti. Tapi bagaimana jika sedang ada banyak waktu luang? Misalnya ketika weekend atau ketika sedang mengambil cuti kerja? Makan atau mium pasti tidak bisa dan mau hang out dengan teman-teman pun sulit karena sedang berpuasa dan pandemi sedang berlangsung. Tentu saja dengan sedang memiliki banyak waktu luang terkadang menjadi tantangan sendiri ketika berpuasa karena terbatasnya aktivitas yang bisa kita lakukan karena ber...

Jumlah Pemain Esport Di Indonesia Kini Sampai 52 Juta Orang

Mediteraniaku - Hasil kajian terbaru dari Vero, agensi komunikasi ASEAN bekerjasama dengan Decision Lab menghasilkan data terbaru dari riset mereka di Indonesia. Salah satunya adalah temuan jumlah pemain esports di Indonesia mencapai 52 juta orang di tahun 2021.

Strategic Planning Director Vero, Sasha Alwani mengatakan tujuan dikeluarkannya riset ini adalah untuk menelaah secara mendalam karakteristik dan perilaku para pemain dan penggemar esports Indonesia. Dengan mengetahui perilaku gamer esports tanah air, pemangku kepentingan seperti investor bisa mempelajari dan membuat keputusan yang tepat saat ingin terlibat dalam tren esports yang kian booming.

Berbeda dengan gaming, esports adalah olahraga elektronik berformat kompetisi dan biasanya memberikan hadiah uang bagi para pemenangnya. Sementara gaming lebih pada tujuan hiburan atau rekreasi.


Dari jumlah orang yang terlibat dalam esports tersebut, para KOL (Key Opinion Leader) bisa membangun dan mengembangkan komunitas yang sesuai dengan konten mereka. Kemudian brand atau merek berpeluang menciptakan sinergi yang dapat mendukung brand mereka dalam berkomunikasi dengan target konsumen.


Hasil riset dilakukan terhadap 470 orang Indonesia berusia 16-41 tahun dengan 3 kategori responden, yakni gamer, watcher dan streamer. Riset ini juga menunjukkan beberapa hal, antara lain:


Secara umum demografi komunitas Esports di Indonesia sebagian besar berada di ibu kota Jakarta, diikuti oleh Surabaya dan Medan, dengan kelompok usia 26-37 tahun. Sementara dari aspek distribusi gender, esport di Indonesia masih didominasi oleh pria yakni sebesar 53 persen, sementara wanita sebesar 47 persen.


Semua responden dari kategori yang berbeda setuju bahwa genre esport paling diminati adalah Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Watcher/streamer lebih menikmati game strategi kehidupan nyata. Mobile Legend dan PUBG mendominasi kategori sebagai permainan yang paling banyak dimainkan, ditonton, dan dijadikan streaming.

Brand esport yang paling populer di Indonesia adalah GameLoft untuk kategori pengembang game ternama dengan persentase sebesar 78 persen. DuniaGames sebagai platform berita game terpopuler dengan prosentase sebanyak 72 persen, serta Youtube Gaming untuk kategori platform streaming (84%) dan watching (91%) paling banyak digunakan.


Adapun dalam hal selebriti esport, responden dari semua kategori setuju bahwa EVOS Esports adalah pemain atau tim paling terkenal di kalangan komunitas, disusul RRQ di peringkat-2, sementara Jess No Limit memegang gelar sebagai streamer yang paling banyak ditonton.

Tingginya jumlah pemain gim itu, membuat sejumlah kompetisi gim seringkali digelar di Indonesia, salah satunya kompetisi e-sport bertajuk RN E-sports Championship Pandeglang Season 1 ini bergulir dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Pandeglang ke-14 yang akan digelar 25-28 Maret. 


Dalam turnamen itu, akan ada tiga cabang gim yang dipertandingkan dalam kompetisi besok, yaitu Mobile Legend dan PUBG di handphone, serta PES di console PS4. Sementara itu, pertumbuhan industri gim di tanah air yang cukup pesat, dinilai berpeluang menjadi sektor unggulan Indonesia.

Alasannya, saat sektor usaha lain lesu, industri gim di Indonesia justru tumbuh positif di kala pandemi Covid-19, karena pembatasan aktivitas akibat pandemi Covid-19 mendorong masyarakat untuk mencari wahana hiburan dari rumah, salah satunya gim. Karena itulah pertumbuhan gamer meningkat tajam dalam satu tahun terakhir, yang akhirnya mengakselerasi pertumbuhan industri gim. Pertumbuhan bisnis gim ini juga memberikan nilai positif dari aspek bisnis digital. Berdasarkan data Forum Ekonomi Dunia (WEF), pasar video game dunia diperkirakan mencapai USD159 miliar pada 2020 atau sekitar empat kali lipat pendapatan box office (USD43 miliar pada 2019) dan tiga kali lipat pendapatan industri musik (USD57 miliar pada 2019). Pangsa pasar terbesar berasal dari Asia-Pasifik.


Indonesia, melansir laporan Global Market Games Reports 2020, Newzoo, perusahaan riset pasar dan konsultan bisnis gim dan E-Sports (olahraga elektronik), menyebut Indonesia menjadi salah satu negara terbesar pengguna gim di pasar Asia Tenggara. Newzoo mencatat, penghasilan industri gim di Indonesia pada 2019 mencapai 1,1 miliar dollar AS dan menjadi pasar bisnis paling besar di Asia Tenggara. Sementara, pada 2019, berdasarkan data dari Indonesia Esports Premier League (IESPL), terdapat 62,1 juta orang yang aktif bermain gim di dalam negeri. Angka ini membawa Indonesia pada peringkat 12 dalam pasar gim dengan jumlah pemain terbanyak. 


Luat Sihombing, Koordinator Business Matchmaking Direktorat Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika, mendorong masyarakat, khususnya generasi milenial dan generasi Z, berpartisipasi aktif dalam pertumbuhan industri gim. Dua generasi ini merupakan kalangan yang dominan memainkan gim. Saat ini, populasi generasi Z di Indonesia sebanyak 67 juta jiwa, ditambah generasi milenial berjumlah 62 juta jiwa. 

Luat percaya industri gim di Indonesia akan semakin berkembang dengan bertambahnya generasi digital. “Yang menjadi tantangan, kalau ingin menjadi pelaku industri (gim), kita harus tahu gim itu tidak hanya untuk entertain,” kata Luat dalam acara webinar digital skills yang diselenggarakan Sabtu, 13 Maret 2021 dilansir dari siaran persnya. Pangsa pasar industri game terus menunjukkan peningkatkan sepanjang 2017-2019. Skala usahanya juga meningkat. Meski demikian tak dapat dipungkiri, upaya optimalisasi industri ini masih sangat dibutuhkan untuk mendorong perkembangan ekonomi dalam negeri. Untuk itulah, pemerintah, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah menyiapkan sejumlah program khusus. Pada awal pandemi, pemerintah meluncurkan “Ayo Bikin Gim di Rumah” yang diikuti lebih dari 100 peserta. Luat menambahkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Asosiasi Game Indonesia telah melakukan riset mengenai kondisi pelaku produksi gim di Indonesia. Hasil riset akan diluncurkan pada tahun ini.

Luat percaya Indonesia memiliki potensi besar di industri gim. Selain jumlah penduduk yang banyak, pemerintah juga terus menggenjot pengembangan internet. Saat ini, penetrasi internet masih terpusat di wilayah Jawa. “Kalau internet sudah merata, masih banyak yang bisa disasar. Jadi pengembang gim tidak perlu khawatir,” ujar Luat. Rizki Natakusumah, Anggota Komisi 1 DPR RI mengungkapkan perlunya upaya mengubah paradigma masyarakat mengenai gim. Indonesia tidak boleh hanya menjadi konsumen. “Kita juga harus menjadi creator. Salah satu yang harus diubah adalah beradaptasi dengan pola pikir orangtua. Jauhkan stigma bermain gim itu buruk,” ujar Rizki.





Sumber :

https://ecija.com/en/sala-de-prensa/sponsorship-and-esports-winning-combination/esports-2/


Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Permainan Seru Tunggu Waktu Buka Puasa

Mediteraniaku - Ada beberapa game Google untuk ngabuburit yang bisa Anda coba mainkan sambil menunggu waktu berbuka. Jika masih ada waktu luang setelah ibadah di bulan Ramadan, tidak ada salahnya bermain beberapa game ini sembari menunggu waktu berbuka.  Google memiliki sejumlah game menarik agar ngabuburit Anda semakin asyik. Apa saja game Google untuk ngabuburit yang bisa Anda mainkan?  Tantangan paling sulit dalam berpuasa pastinya adalah menunggu waktu berbuka. Yang memiliki kesibukan pasti masih bisa mengatasi panjanganya waktu berbuka puasa saat maghrib nanti. Tapi bagaimana jika sedang ada banyak waktu luang? Misalnya ketika weekend atau ketika sedang mengambil cuti kerja? Makan atau mium pasti tidak bisa dan mau hang out dengan teman-teman pun sulit karena sedang berpuasa dan pandemi sedang berlangsung. Tentu saja dengan sedang memiliki banyak waktu luang terkadang menjadi tantangan sendiri ketika berpuasa karena terbatasnya aktivitas yang bisa kita lakukan karena ber...

Kenali Brand Ambassador E-Sport Tercantik Saat Ini

Mediteraniaku - Tidak dapat dipungkiri bahwa ranah E-sport memiliki daya tarik tersendiri di tanah air kita tercinta Indonesia. Perkembangannya yang pesat membuat Esport yang awalnya hanya fokus dalam pencarian pemain yang hebat bertanding di salah satu game, berubah menjadi banyak aspek. Salah satunya adalah kehadiran Brand Ambassador di dalam suatu Tim Esport Indonesia. Brand Ambassador bertujuan sebagai salah satu Icon di dalam perusahaan tersebut untuk mempromosikannya. Tidak hanya harus berparas cantik/ganteng, mereka juga harus dapat memiliki soft skill lainnya seperti menjadi talent dalam suatu acara, bermain game, dan masih banyak lagi. Gamer, beberapa tim esports pro mempunyai brand ambassador cewek cantik yang sering bikin salah fokus. Tak hanya sebagai “pemanis”, brand ambassador tersebut juga jago main game loh sehingga dapat mengajak peminat game untuk makin semangat bermain dan tertarik berinteraksi dengan tim esports jagoannya. Fenomena kehadiran wanita cantik di dunia ...

Mengenal Perkembangan RPG Menjadi Genre Game Terfavorit di Dunia

Mediteraniaku - RPG (Role Playing Games) adalah permainan dengan mekanisme dimana kita akan menjadi karakter itu sendiri. Kebanyakan game RPG memiliki side-story yang membuat permainan jauh lebih hidup. RPG dimulai ketika 'Dungeons & Dragons' pada tahun 1970-an dirilis dalam bentuk Board Games. Untuk kalian yang lahir pada tahun 1980-an mungkin nggak asing dengan game Wizardry, Ultima, dan Dragon Quest yang menjadi konsep awal RPG untuk Video Games. Menjadi salah satu genre game paling banyak dimainkan, role-playing game atau RPG tidak terlepas dari berbagai unsur penting di dalamnya. Apalagi game RPG ini menuntut setia pemainnya untuk mampu menjalankan karakter utama secara kompleks dan mendalam. Di mana, hal ini berkaitan dengan dasar plot maupun cerita yang kuat, lalu dipadukan dengan mekanisme gameplay kelas atas. Tidak heran, jika judul game seperti The Elder Scrolls, The Witcher, Dragon Age, hingga Monster Hunter sukses besar dalam menawarkan permainan RPG yang dimain...